Open Access Publication Journal

Pendekatan Holistik Pemberantasan Mafia Tanah di Indonesia

Rp 90.000,-

Author

Dr. Junimart Girsang, S.H., M.H., M.IP.

Bahasa

Indonesia

ISBN

(dalam pengajuan)

Penyunting

M. Tajuddin

Penerbit

Publika Global Media

Ukuran

x + 250 hlm, 14 x 21 cm

Cetakan

Cetakan I: Februari 2024

Tipe

Printed

Pengantar Penulis

Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam, termasuk di antaranya tanah sebagai komponen utama dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Namun, kekayaan ini sering kali menjadi sasaran berbagai tindak kejahatan, salah satunya adalah praktik mafia tanah. Mafia tanah merupakan masalah serius yang menghambat pembangunan dan menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Berbagai kasus penipuan, pemalsuan dokumen, dan kolusi antara pihak-pihak tertentu membuat masyarakat kehilangan hak atas tanah mereka. Kejahatan ini tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga menciptakan ketidakadilan dan ketidakpastian hukum yang merusak tatanan sosial.

Buku berjudul “Pendekatan Holistik Pemberantasan Mafia Tanah di Indonesia” ini hadir untuk memberikan wawasan mendalam tentang fenomena mafia tanah di Indonesia. Dengan mengupas berbagai aspek mulai dari definisi, modus operandi, hingga tantangan yang dihadapi dalam pemberantasannya, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi berbagai kalangan, termasuk akademisi, praktisi hukum, aparat pemerintah, dan masyarakat umum.

Pembaca akan diperkenalkan dengan latar belakang dan urgensi dari penulisan buku ini. Mengapa mafia tanah menjadi masalah krusial yang harus segera diatasi? Apa saja dampak negatif yang ditimbulkan oleh kejahatan ini? Pada awal buku ini akan memberikan gambaran umum yang menjadi landasan bagi pembahasan bab-bab selanjutnya.

Buku ini menguraikan tentang pengenalan mafia tanah, termasuk definisi dan modus operandi yang digunakan oleh para pelaku. Pemahaman mendalam tentang bagaimana mafia tanah beroperasi dan metode-metode apa saja yang mereka gunakan untuk menjalankan aksinya juga akan dijelaskan dalam buku ini. Hal ini penting untuk diketahui agar masyarakat dan aparat penegak hukum dapat lebih waspada dan efektif dalam mencegah dan menindak kejahatan ini.

Pada buku ini membahas peran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam memberantas mafia tanah. Penulis mengulas tugas dan tanggung jawab kementerian ini, termasuk visi dan misi mereka dalam menangani kasus pertanahan. Selain itu, proses penanganan kasus pertanahan yang terkait dengan mafia tanah juga dijelaskan secara rinci, mulai dari laporan hingga penyelesaiannya.

Tantangan yang dihadapi dalam pemberantasan mafia tanah diuraikan. Pembahasan ini menyoroti berbagai kendala yang muncul, termasuk modus kejahatan yang semakin variatif dan regulasi yang belum efektif dalam pencegahan mafia tanah. Memahami tantangan ini sangat penting agar dapat merumuskan strategi yang lebih efektif dalam memberantas kejahatan pertanahan.

Buku ini juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama antara Kementerian ATR/BPN dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) dalam menangani kejahatan pertanahan. Kolaborasi ini menjadi kunci keberhasilan dalam penegakan hukum dan pemberantasan mafia tanah.

Solusi holistik untuk pemberantasan mafia tanah dibahas. Kajian ini menawarkan berbagai strategi dan pendekatan, termasuk penguatan sistem informasi kasus pertanahan dan peran aktif masyarakat dalam pengawasan dan pencegahan. Solusi yang komprehensif dan melibatkan berbagai pihak diharapkan dapat memberantas mafia tanah secara tuntas.

Penulis berharap buku ini tidak hanya menjadi bacaan yang informatif, tetapi juga memotivasi pembaca untuk berperan aktif dalam upaya pemberantasan mafia tanah di Indonesia.

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dan menjadi kontribusi nyata dalam menciptakan tatanan hukum yang adil dan berkeadilan di Indonesia.

 

 

Jakarta, 10 Februari 2024

 

Dr. Junimart Girsang, S.H., M.H., M.IP.